Sabtu, 17 Maret 2012

Sopir Taksi Kembalikan Emas 8,2 KG atau Senilai 3,9 milyar

BANGKOK – Luar biasa! Kata itu mungkin tepat untuk menggambarkan sikap Saksri Ketsrikaew, 56, pengemudi taksi di Thailand.

Bagaimana tidak, laki-laki paruh baya ini secara suka-rela mengembalikan perhiasan emas seberat 8,2 kg senilai USD426.230 (Rp3,9 miliar) kepada pemiliknya. Barang berharga itu tertinggal di taksi miliknya sejak tiga hari. Bahkan untuk mengembalikan emas itu, Saksri rela dua hari keliling Bangkok untuk mencari sang pemilik karena dia tidak memiliki nomor kontaknya. Dia baru menghubungi kantor polisi Bangkok setelah dia tahu bahwa pemilik toko emas bernama Eakerat Kanokwattana, 60, itu melapor kehilangan emasnya. Kisah Saksri itu kemarin diungkap polisi ke publik.

”Saya tidak mengembalikan emas itu segera karena saya tidak membuka tas itu sebelum mendengar siaran orang yang kehilangan emas tersebut. Saya tidak tahu bahwa tas itu berisi emas. Tas itu tidak memiliki alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi,”kata Saksri pada polisi. Menurut Saksri, polisi awalnya tidak yakin bahwa dia memiliki emas tersebut.”Dia menyatakan tidak ingin membuat sensasi dengan hendak mengembalikan emas itu kepada pemiliknya karena dia tahu di mana emas itu berada.Mereka kini sedang memeriksa dan menghitung emasnya,” tutur petugas kepolisian Letnan Kolonel Udom Sukprasert pada AFP.

Eakerat merupakan pemilik toko emas di kota Ubon Ratchathani. Dia datang ke Bangkok bersama istrinya,Surat,58, untuk melakukan jual beli emas di Chinatown.Mereka mengendarai sebuah taksi pada Rabu malam (7/3) ke daerah pinggiran Bangkok bagian utara. Saat itu Eakerat meletakkan tiga tas besar di bagasi taksi. Namun Eakerat kemudian tersadar bahwa dia meninggalkan tas berisi perhiasan emas di taksi tersebut.Eakerat tidak dapat mengingat nomor pelat taksi tersebut, tapi dia masih ingat bahwa taksi itu berwarna merah muda.

Diperkirakan ada 20.000 taksi berwarna merah muda di Bangkok.Kondisi itu jelas membuat Eakerat hampir putus asa. Dia kemudian menawarkan hadiah bagi mereka yang bersedia mengembalikan emasnya. Televisi Thailand kemarin menayangkan Eakerat benarbenar memberikan hadiah berupa emas kepada Saksri senilai Rp60 juta. Saksri mengaku senang mendapat hadiah tersebut meskipun sebenarnya dia tidak mengharapkannya.

Niatnya hanyalah mengembalikan emas itu kepada pemiliknya. Tindakan Saksri membuat dia dipuji banyak orang di Thailand. Karena bila saja dia tidak mengembalikan emas itu, Saksri mungkin tidak pernah ketahuan polisi. Dia pun bisa menggunakan emas itu sesuka hatinya.Namun dia memilih mengembalikan kepada pemiliknya.

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478392/38/
Share on :

0 komentar:

 
© Copyright Kabar Kabur 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all