Kamis, 19 April 2012

Nenek Kentrung Buta Asal Tuban Dapat Bantuan 28,5 jt

VIVAnews - Tepat pukul 09.00 WIB, Kamis 19 April 2012, VIVAnews resmi menutup rekening sumbangan untuk tiga nenek penabuh musik kentrung di Tuban, Jawa Timur. Sejak 5 Maret 2012 hingga detik terakhir, sumbangan yang terkumpul mencapai Rp28.579.193.

VIVAnews mengucapkan terima kasih kepada pembaca yang telah menyisihkan rezekinya untuk tiga nenek pelestari kentrung ini, Suratih (90), Wiji (70) dan Satri (70). Sumbangan akan diberikan langsung kepada tiga nenek ini tepat di Hari Kartini, Sabtu 21 April 2012, oleh Wakil Pemimpin Redaksi Mohamad Teguh.

Kentrung adalah musik tabuh khas Jawa Timur yang nyaris punah. Di Tuban, Mbah Ratih yang matanya buta, Mbah Wiji dan Mbah Satri, barangkali satu-satunya kelompok seniman kentrung yang masih tersisa saat ini. Di kampungnya, Desa Mbatih, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menurut Mbah Wiji, tidak ada lagi anak muda yang mau memainkan musik kentrung. “Mboten wonten sing gelem nerusake (tidak ada yang mau meneruskan),” kata Wiji.

Kentrung kini kalah pamor dengan musik modern yang sudah menjelajah hingga pelosok kampung. Tiga nenek ini pun kian jarang menunjukkan kebolehannya menabuh kentrung. Padahal dari sana hidup mereka bergantung.

Sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/305703-sumbangan-nenek-kentrung-buta-ditutup?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook
Share on :

0 komentar:

 
© Copyright Kabar Kabur 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all